1. Visi Misi

Visi

“Menjadi Program Studi S1Akuntansi yang unggul dan terpercaya untukmenghasilkan sumber daya manusia profesional berjiwawirausaha di bidang akuntansi di tingkat regional Asia Tenggarapada tahun 2019”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif, berorientasi pada pengembangan kualitassumber daya manusia profesional, dan berjiwa kewirausahaan di bidang akuntansi.
  2. Melakukan penelitian dan publikasiilmiah di bidang akuntansi dankewirausahaan yang bermanfaat bagi kehidupan dan kesejahteraan masyarakatluas, pengembangan ilmu akuntansi, pengetahuan dan pembangunan.
  3. Melakukan  pengabdian kepada masyarakat di bidang akuntansi dan kewirausahaan sesuai dengan kebutuhan dan keadaanmasyarakat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraanmasyarakat.
  4. Menjalin kerja sama dengan stakeholderbaik pemerintah maupun swasta ditingkat nasional dan global.

2. Profil

Perkembangan praktek akuntansi menuntut dunia pendidikan untuk menghasilkan akuntan dengan kemampuan dan keahlian yang dapat memenuhi kebutuhan bursa tenaga kerja. Para akuntan dituntut untuk selalu mengikuti setiap perkembangan standar dan praktek akuntansi yang bersifat global (internasional). Berbagai macam fenomena akuntansi telah berkembang menjadi suatu kebutuhan akan profesi akuntan dengan spesifikasi keahlian tertentu seperti Akuntan Publik, Akuntan Pemerintah, Akuntan Pendidik, Akuntan Manajemen, Akuntan Syariah, Akuntan Lingkungan serta Akuntan Forensik. Perkembangan dunia teknologi informasi juga mengharuskan akuntan untuk memiliki kemampuan bekerja tidak hanya secara manual tetapi juga dengan menggunakan teknologi, khususnya teknologi sistem informasi akuntansi dan manajemen.

Prodi S-1 Akuntansi Universitas Respati Yogyakarta bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang harus dimiliki oleh akuntan profesional. Lulusan akan memiliki kemampuan dan keahlian di bidang akuntansi pada khususnya, dan di bidang lain yang mendukung profesi akuntansi seperti ilmu manajemen, teknologi informasi, bahasa Inggris, dan lain lain. Lulusan juga akan memiliki kemampuan dalam bidang Enterpreneur yang merupakan nilai tambah yang akan meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan di dunia kerja. Kemampuan enterpreneur ini ditargetkan akan mendorong lulusan untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Kelebihan lain yang akan dimiliki oleh lulusan adalah penguasaan etika profesional dalam menjalankan profesi yang akan digeluti nanti. Keseluruhan ilmu akademis, intelektual dan moral yang telah didapatkan akan meningkatkan daya serap dan bergaining power lulusan di dunia kerja.

">

3. Tujuan

Sesuai dengan Visi dan Misi, maka tujuan penyelnggaraan Prodi Akuntansi adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, berjiwa kewirausahaan, dapat bersaing di tingkat regional dan menguasai keahlian di bidang akuntansi, auditing, perpajakan dan memiliki keahlian analisis di bidang bisnis dan keuangan.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah bidang akuntansi yang berkualitas dan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan dan pembinaan yang berorientasi pada peningkatan kesejahtraan masyarakat.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak di tingkat nasional dan regional untuk mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

4. Kompetensi

Program studi Akuntansi Universitas Respati Yogyakarta bertujuan menghasilkan lulusan Sarjana yang mampu menginterpretasikan informasi akuntansi secara akurat dan benar sebagai dasar pembuatan keputusan ekonomi, dan mampu menghadapi dan berinteraksi dengan perubahan. Adapun kompetensi lulusan yang akan dicapai adalah:

A. Kompetensi Utama:

  1. Mampu menyusun laporan keuangan perusahaan jasa, dagang dan manufaktur sesuai dengan Penyataan Standar Akuntansi Keuangan.
  2. Mampu melaksanakan pemeriksaan laporan keuangan
  3. Mampu merancang system akuntansi manual maupun berbasis teknologi informasi.
  4. Marnpu menyajikan informasi keuangan untuk kebutuhan internal dan kesternal perusahaan
  5. Memiliki kemampuan dan keahlian dibidang enterpreneurship
  6. Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan kompetensi akuntansi sesuai perkembangan akuntansi dan bisnis di masa yang akan datang.

B. Kompetensi Pendudukung Lulusan

  1. Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan
  2. Mampu menganalisis masalah-masalah (studi kasus) dalam praktik dengan pendekatan kauantitatif dan kualitatif.
  3. Kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang ada
  4. Mampu menyampaikan pendapat secara jelas baik secara lisan maupun tulisan serta menghargai pendapat orang lain dalam diskusi.
  5. Mampu bekerja dalam kelompok.

C. Kompetensi Lulusan Lainnya

  1. Mahasiswa memiliki pemahaman dan kemampuan untuk merancang, menerapkan, mengelola, mengendalikan dan mengevaluasi proses bisnis dan manajemen.
  2. Mahasiswa memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menerapkan teknoligi informasi pada proses akuntansi dan bisnis

5. Prospek Kerja

  1. Kurikulum yang dibuat berdasarkan hasil survei kebutuhan akuntan di dunia kerja.
  2. Kegiatan praktikum yang mendukung upaya penguasaan berbagai ketrampilan praktik berbasis manual maupun berbasis komputer.
  3. Kemampuan dan kehalian dalam akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, audit, perpajakan, perbankan, kewirausahaan dan teknologi informasi.
  4. Kemampuan bahasa asing yang mendukung bidang akuntansi sebagai bekal kerja dalam menghadapi persaingan global.
  5. Kerjasama dengan Perusahaan-perusahaan untuk penyaluran magang mahasiswa agar mahasiswa mengetahui dunia kerja yang nyata.