1. Profil

Pendirian Program Studi Keperawatan berdasarkan besarnya tuntutan kebutuhan dan peningkatan kualitas layanan keperawatan yang professional, sehingga berkontribusi pada pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia di masa depan. Dengan mempertimbangkan semakin banyaknya kejadian bencana, maka lulusan dibekali dengan kompetensi keterampilan dalam melaksanakan asuhan keperawatan kebencanaan.

Oleh karena itu, Kurikulum PS Keperawatan mengacu pada standar kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan yang telah disepati oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) serta dikembangkan sesuai kebijakan dan visi misi Universitas Respati Yogyakarta. Metode pembelajaan yang digunakan adalah Studi Learning Centre (SCL) seperti diskusi kelompok, studi kasus, demonstrasi dan simulasi, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan metode pembelajaran lainnya yang efektif dapat memenuhi capaian pembelajaran.

2. Visi Program Studi

Menjadi program studi yang unggul di bidang keperawatan bencana dan mampu bersaing di tingkat global tahun 2032.

3. Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) yang berkualitas dan berdaya saing global dalam bidang keperawatan bencana.
  2. Menyelenggarakan manajemen akademik dan non akademik di program studi dengan system tata kelola yang professional (good government).
  3. Mengembangkan kerjasama dan jejaring dengan berbagai pihak di tingkat nasional dan internasional.

4. Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dilakukan di Kampus dan di luar kampus seperti wahana pembelajaran klinik dan Komunitas. Pembelajaran klinik dilakukan di Rumah Sakit area Yogyakarta dan Jawa Tengah. Wahana Pembelajaran Komunias yang digunakan antara lain Puskesmas di wilayah kerja kabupaten Sleman. Kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi unggulan diantaranya adalah Emergency Nursing Team yang melatih mahasiswa lebih tanggap dalam memberikan bantuan hidup dasar di berbagai situasi.

5. Prospek Kerja

Lulusan program studi keperawatan akan melanjutkan pendidikan di program Profesi Ners, dimana lulusannya telah banyak diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), mejadi perawat di berbagai instansi rumah sakit besar bahkan telah dikontrak sebelum selesai masa studi serta telah mengisi berbagai posisi penting di tempat kerjanya. Beberapa lulusan juga telah bekerja di luar negeri.